Friday, May 19, 2017

Panduan Belajar Microsoft excel 2007

Panduan Belajar Microsoft excel 2007


Mencari Tool “Select Objects” pada Excel 2007

PERTANYAAN:

Mohon bantuannya, di Office Excel 2003 ada tool:



Di Office Excell 2007, dimana saya bisa menemukan fungsi yang sama untuk tool Select Objects (gambar panah keatas yang ada di sebelah kanan Draw di atas)? Karena saya perlu mengklik seluruh object secara bersamaan, baik yang kelihatan maupun tidak kelihatan.

Terima kasih atas bantuannya.

JAWABAN:

Mengenai toolbar atau menu, kita bisa membandingkan dari NAMA MENU nya pada Excel sebelumnya, kemudian kita cari pada Excel 2007 yang digunakan sekarang lewat menu Customize. Sebagai contoh, tool untuk memilih object, pada Excel 2003 namanya adalah "Select Objects". Untuk mengetahuinya, lihat caranya sesuai gambar berikut:


Kemudian pada Excel 2007, klik kanan symbol office nya (terletak pada sudut kiri paling atas, berbentuk lingkaran). Klik menu Customize Quick Access Toolbar. Perhatikan gambar berikut:


Sekarang kita sudah masuk ke menu Customize. Pilih All Commands.


Maka akan muncul daftar seluruh command pada Excel 2007. Pilih command "Select Objects". Ingat, nama ini kita dapat dari Excel 2003 diatas.





Perhatikan yang saya beri kotak merah diatas. Tulisan diatas dapat diartikan, bahwa tool "Select Objects" berada pada Tab Home -> Editing. Nah, kita harus mencari satu-satu pada tool yang terdapat di menu Editing. Ternyata setelah dicari, kita dapati tool “Select Objects” ini ada di menu Find & Select -> Select Objects.

Bagaimana Mengetahui Ada Formula di Dalam Suatu Sheet Excel

PERTANYAAN:

Bagaimana caranya mengetahui jika salah satu cell diantara beberapa cell yg berisi rumus ternyata bukan rumus (dalam satu sheet )?

JAWABAN:

Klik menu Tools à Options. Pilih tab View, kemudian pada kotak pilihan Window Options, beri tanda centang pada check box “Formula”.



Maka kini setiap cell yang merupakan formula akan diperlihatkan secara langsung di dalam sheet tersebut.

Fasilitas Fill Excel

Fasilitas Fill pada Excel digunakan untuk mengisi cell secara otomatis berdasarkan urutan yang kita tentukan dengan berulang.

Membuat Nomor Urut Otomatis Menggunakan Fill Series


Misal kita hendak membuat nomor urut, dari 1 sampai 50.000 ke bawah. Maka kita dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Masuk ke cell A1.
2. Ketikan angka 1.
3. Klik cell A1.
4. Klik menu Edit à Fill à Series.
5. Pada kotak Series in, pilih Columns.
6. Pada kotak Step value ketikan 1, dan pada Stop value ketikan 50000.


7. Biarkan pilihan yang lain.
8. Klik OK. Maka dari cell A1 sampai dengan cell A50000 berisi angka berurutan, dari angka 1 sampai dengan 50000.


Menggabung Beberapa Cell ke Dalam Satu Cell


Misal dalam suatu sheet terdapat data A, B, C, D, E; masing-masing terdapat di dalam cell A1, A2, A3, A4 dan A5. Kita ingin menggabungkan seluruh data tersebut ke dalam satu cell, yakni di cell A1. Maka langkah-langkahnya adalah:

1. Blok cell tersebut. Misal dari A1:A5.

2. Klik menu Edit à Fill à Justify.


Membuat Bulan Berurutan Menggunakan AutoFill


1. Ketikan huruf “Jan” pada cell A1.
2. Blok cell A1 hingga cell A12.
3. Klik menu Edit à Fill à Series.
4. Pada kotak Series in, pilih Columns, kemudian pada kotak Type, pilihAutoFill.



5. Biarkan pilihan yang lain.

6. Klik OK. Maka dari cell A1 sampai dengan cell A12 berisi bulan berurutan, dari bulan Jan sampai dengan bulan Des.

7. Anda juga bisa membuat sendiri daftar AutoFill. Silahkan klik menu Tools à Options. Pilih tab Custom Lists.



8. Ketikan daftar pengulangan yang ingin Anda buat pada kotak List entries, kemudian klik Add. Atau bisa juga dengan cara import dari cell yang terdapat pada sheet Anda, lalu klik tombol Import.

9. Setelah selesai, klik OK.


Membuat Bulan Berurutan Menggunakan Date


Pada sub bab sebelumnya, kita sudah mencoba membuat bulan berurutan menggunakan daftar yang terdapat pada custom lists. Sekarang kita akan mencoba membuatnya menggunakan fasilitas Date pada Fill Series.

1. Ketikan tanggal “1/1/2007” pada cell A1.

2. Blok cell A1 hingga cell A12.

3. Klik menu Edit à Fill à Series.

4. Pada kotak Series in, pilih Columns, kemudian pada kotak Type, pilih Date, dan pada kotak Date unit, pilih Month.



5. Biarkan pilihan yang lain.

6. Klik OK. Maka dari cell A1 sampai dengan cell A12 berisi tanggal berurutan, dari tanggal 01/01/2007 sampai dengan tanggal 01/12/2007.

7. Blok cell A1 hingga cell A12, lalu klik menu Format à Cells.

8. Pilih tab Number, lalu pilih Custom. Ketikan “mmm”.


9. Setelah selesai, klik OK.

Untuk fasilitas-fasilitas Fill lainnya pada Excel, silahkan dicoba-coba sendiri pada PC nya.

Page Break Excel

Page Break digunakan untuk membuat halaman secara terpisah pada suatu sheet. Jadi walaupun jarak antara range satu dengan range lainnya ataupun cell satu dengan cell lainnya begitu dekat, ia dapat dipisah halamannya saat di print preview/print. Marilah kita belajar membuat page break di dalam Microsoft Excel.

Membuat Page Break

1. Bukalah Microsoft Excel, lalu buatlah file Excel baru.
2. Ketikan pada cell A1: "Halaman 1".
3. Ketikan pada cell A2: "Halaman 2".
4. Misal, yang kita inginkan adalah saat di print preview, cell A1 akan berada pada halaman satu, dan cell A2 akan berada pada halaman dua.
5. Tempatkan kursor di cell A2.
6. Klik menu Insert à Page Break.


7. Silahkan klik menu File à Print Preview.

8. Maka sekarang kedua cell ini tampil secara terpisah di dalam dua halaman, padahal jarak mereka sangat berdekatan.


Mengedit Jangkauan Page Break

1. Klik menu View à Page Break Preview. Jika muncul dialog box, klik OK.

2. Perbesar tampilan Excel dengan cara mengubah ukuran zooming menjadi 200%.

3. Untuk memperbesar/memperkecil area page break, klik and drag kotak yang berwarna biru. Misal seperti pada gambar sebagai berikut:



4. Kita dapat pula menambah data tambahan di halaman 1 dan di halaman 2 tersebut. Keluarlah dari mode print preview, kemudian ketikkan pada cell A3: "TEST". Maka secara otomatis ia akan terlingkup oleh page break sebagai object pada halaman 2.

5. Jika sudah selesai, klik menu File à Print Preview.

6. Maka walaupun cell-cell ini letaknya saling berdekatan, halamannya menjadi terpisah di dalam 2 halaman.


Menghapus Page Break

1. Klik menu View à Page Break Preview. Jika muncul dialog box, klik OK.

2. Perbesar tampilan Excel dengan cara mengubah ukuran zooming menjadi 200%.

3. Klik area page break yang hendak dihapus

4. Pilih menu Insert à Remove Page Break.


Kesimpulan

Page break akan dibuat berdasarkan lokasi cell yang sedang kita aktifkan/pilih. Jadi jika cell C5 yang sedang kita pilih, maka ia akan membelah area dari sebelah kirinya dan sebelah atasnya. Perhatikan gambar berikut:

Macro di dalam Excel

Macro di dalam Excel adalah procedure di dalam VBA project (Microsoft Visual Basic) yang dapat dibuat oleh kita, baik dengan cara merekam dari berbagai aktifitas yang sudah kita lakukan di dalam Excel, maupun dibuat dengan cara mengetik sendiri secara langsung. Macro berguna untuk menjalankan berbagai aktifitas yang sering kita lakukan sehari-hari di dalam Excel, sehingga kita tidak perlu lagi mengulangnya secara manual.

Tempat penyimpanan macro dibagi menjadi dua, yakni di dalam workbook itu sendiri (This Workbook dan New Workbook) dan di dalam personal workbook (Personal Macro Workbook). Jika kita menyimpan macro di dalam workbook itu sendiri, maka macro dapat dijalankan hanya oleh workbook tersebut. Namun jika kita menyimpan macro di dalam personal workbook, maka macro dapat dijalankan oleh seluruh workbook yang aktif dibuka pada aplikasi Microsoft Excel.

Merekam Macro

Untuk merekam macro, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Klik menu Tools à Macro à Record New Macro.

2. Ketikan nama macronya, misalnya “TestMacro”.




3. Shortcut key adalah kombinasi tombol pada keyboard yang dapat kita tekan untu

Go to link Download